Sabtu, 28 November 2015

Tugas 9 Ilmu Sosial Dasar

1. Apa yang anda ketahui tentang pemuda?

Definisi Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang.

2. Bagaimana peranan pemuda di masyarakat?

Peran moral

Jika pemuda yang dalam kehidupanya tidak dapat memberikan contoh dan keteladanan yang baik. Jika mahasiswa telah meninggalkan amanah dan tanggung jawabnya sebagai kaum terpelajar. Jika hari ini kegiatan pemuda berorientasi pada hedonisme (hura – hura dan kesenangan), dan lebih suka mengisi waktu luang mereka dengan agenda rutin pacaran tanpa tahu tentang peruban di negeri ini. Dan jika hari ini pemuda lebih suka dengan kegiatan festival musik dan kompetisi (entertainment) dengan alasan kreatifitas, dibanding memperhatikan dan memperbaiki kondisi masyarakat. Maka pemuda semacam ini adalah potret “generasi yang hilang” yaitu generasi yang terlena dan lupa akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pemuda

Peran sosial

Pemuda harus menumbuhkan jiwa-jiwa sosial, atau dengan kata lain solidaritas sosial. Solidaritas yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat kelompok. Solidaritas sosial yang secara menyeluruh (universal), serta dapat melepaskan keangkuhan dan kesombongan. Pemuda tidak bisa melihat penderitaan orang lain, tidak bisa melihat poenderitan rakyat, tidak bisa melihat adanya kaum tertindas dan di biarkan begitu saja.Pemuda dengan sifat kasih dan sayangnya turun dan memberikan bantuan baik moril maupun materil bagi siapa saja yang memerlukannya. Betapa peran sosial Pemuda jauh dari pragmatisme dan rakyat dapat merasakan bahwa Pemuda adalah bagian yang tak dapat terpisahkan dari rakyat. Walaupun upaya yang sistimatis untuk memisahkan Pemuda dari rakyat telah gencar dilakukan oleh pihak – pihak yang tidak ingin rakyat cerdas dan sadar akan problematika ummat yang terjadi.

Peran Akademik

Sesibuk apapun pemuda yang turun ke rakyat dengan aksi sosialnya, sebanyak apapun agenda aktivitasnya, jangan sampai membuat pemuda itu lupa bahwa pemuda adalah insan akademik. pemuda dengan segala aktivitasnya harus tetap menjaga kuliahnya. Setiap orang tua pasti ingin anaknya selesai kuliah dan menjadi orang yang berhasil. Maka sebagai seorang anak, berusahalah semaksimal mungkin untuk dapat mewujudkan keinginan itu. Dan  untuk mengukir masa depan yang cerah .

Peran yang satu ini teramat sangat penting bagi kita. Dan inilah yang membedakan kita dengan komunitas yang lain. Peran ini menjadi symbol dan miniatur kesuksesan kita dalam menjaga keseimbangan dan memajukan diri kita. Jika memang kegalan akademik telah terjadi, maka segeralah bangkit. “nasi sudah jadi bubur” maka bagaimana sekarang kita membuat bubur itu menjadi “bubur ayam spesial”. Artinya jika sudah terlanjur gagal maka tetaplah bangkit serta mancari solusi alternatif untuk mengembangkan kemampuan diri meraih masa depan yang cerah di dunia dan akhirat.

3. Bagaimana peranan anda sebagai mahasiswa di masyarakat?

Salah satu peranan saya di masyarakat adalah dengan langsung terjun ke masyarakat dengan ikut bergabung ke dalam organisasi yaitu karang taruna, dari organisasi tersebut saya dapat menuangkan ide2 kreatif pada saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Dan membantu warga sekitar apabila ada kerja bakti yang sering di adakan sebulan sekali.

Sumber :
http://hpmijordan.com/tulisan-ilmiyah/tazkiyatun-nafs/peran-pemuda-dan-mahasiswa-terhadap-masyarakat/
http://reval004.blogspot.co.id/2013/10/definisi-pemuda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar